Monday, December 24, 2018

Cara Seseorang memiliki akhlak yang baik.

Tulisan Harian Santri - Bagaimana seseorang memiliki akhlak yang baik dan mampu menjaga akhlak tersebut ?. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali kita menemui akhlak yang baik ( akhlaqul karimah ) yang patut di teladani dan di amalkan. Selain itu, banyak juga akhlak yang buruk ( akhlaqul mazmumah ) yang harus kita jauhi dan di hindari. Akhlak yang baik berpangkal dari ketakwaan kepada Allah Ta’ala di manapun kita berada. Disamping itu, akhlak yang baik merupakan suatu perwujudan perilaku dari kemampuan kita menhan hawa nafsu dan memiliki rasa malu terhadap orang lain.

Apabila kita ingin memiliki akhlak yang baik, kita harus rajin menimbang setiap perbuatan dengan hati nurani yang bersih. Salah satu tanda akhlak yang baik adalah ketika kita melakukan suatu perbuatan, kita merasakan ketenangan jiwa. Akan tetapi, jika kita merasakan hal yang sebaliknya maka perbuatan yang kita lakukan tersebut merupakan isyarat akhlak buruk. Berikut ini beberapa akhlak yang baik sebagai pribadi seorang muslim di manapun kita berada.

1.      Amanah ( Dapat di percaya dan tanggung jawab )
2.      Bersikap baik hati dan gemar menolong.
3.      Berprasangka baik dan ( berkhusnudzon. )
4.      Empati terhadap penderitaan orang lain.
5.      Jujur.
6.      Menjauhi perbuatan dan perkataan sia-sia.
7.      Selalu sabar dan tidak mudah marah.
8.      Sering Taubat kepada Allah Ta’ala.
9.      Toleransi dan bersikap lapang dada.
  .  Zuhud ( Tidak rakus pada nikmat dunia dan segala kemewahannya. )

Contoh-contoh akhlak yang baik tersebut tentu sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun sangat jarang diantara kita yang melakukannya secara sungguh-sungguh. Sekarang, marilah kita membiasakan diri untuk melakukannya, baik di lingkungan sekolah maupun rumah. Apabila dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membiasakan diri untuk berakhlak baik, Allah dengan segala kasih sayang Nya senantiasa akan lebih dekat dengan kita, serta memudahkan semua doa dan ikhtiar kita. Ketika kita sudah memilikinya, selanjutnya tugas kita adalah menjaganya, jangan sampai ternoda atau terganti oleh akhlak yang buruk.

No comments:

Post a Comment

Penerapan Tauhid Dalam Kehidupan.

   Tulisan Harian Santri - Pengertian Tauhid Tauhid (Arab : توحيد ) dilihat dari segi Etimologis yaitu berarti ”Keesaan Allah”, mentauhi...