Monday, December 24, 2018

Akhlak yang di Cintai dan dilakukan Rasulullah Saw.

Tulisan Harian Santri - Rasulullah saw merupakan manusia yang memiliki akhlak sempurna sebagai teladan bagi kita semua. Oleh sebab itu, kita bagai seorang muslim yang mengaku mencintai beliau harus meniru akhlak baik beliau. Salah satu contoh akhlak beliau adalah mencintai fakir miskin dan anak-anak yatim, serta berbuat baik kepada setiap orang meskipun mereka bukan beragama islam. Dalam ajaran islam, kita diajarkan bahwa pada dasarnya manusia mempunyai kedudukan yang sama di mata Allah Ta’ala. Surah An-Nisa ayat 1 menyebutkan bahwa manusia berasal dari nenek moyang yang sama. Berdasarkan ayat tersebut, Rasulullah saw, mengajarkan kita untuk selalu berhubungan baik dengan orang lain karena kita semua adalah saudara.

Wahai manusia ! bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu ( Adam ) dan Allah mencptakan pasangannya ( hawa ) dan dari dirinya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan namaNya kamu saling meminta dan peliharalah hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.
( QS An-Nisa {4}; 1 )

Kemudian Al-Qur’an surah Al-Hujurat Ayat 13 menyebutkan bahwa kedudukan dan derajat manusia sesungguhnya di tentukan oleh derajat takwanya kepada Allah Ta’ala. Firman Allah tersebut berbunyi sebagai berikut. :

Hai manusia ! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh Allah, Maha Mengetahui, Maha Teiliti.
( QS Al-Hujurat {49} : 13 )

Berbagai sikap dan mengagungkan suku, ras maupun golongan merupakan sikap orang-orang pada zaman jahiliyah ( kebodohan ) yang sangat ditentang oleh islam. Oleh karena itu, bersikap baik kepada siapa saja harus kita lakukan setiap hari karena itu merupakan perbuatan yang dicintai dan dilakukan oleh Rasulullah Saw.

No comments:

Post a Comment

Penerapan Tauhid Dalam Kehidupan.

   Tulisan Harian Santri - Pengertian Tauhid Tauhid (Arab : توحيد ) dilihat dari segi Etimologis yaitu berarti ”Keesaan Allah”, mentauhi...