Monday, August 28, 2017

KEISTIQAMAHAN AMAT LAH BERAT

           - Kehidupan ini adalah sebuah anugerah dari Allah. Anugerah yang amat besar, bagi seorang muslim menuntut ilmu adalah jalan yang harus di tempuh nya, karena agama juga mengajarkan wajib nya menuntut ilmu.
     
       Kewajiban menuntut ilmu ini ditegaskan dalam hadits nabi, yaitu :

رواه إبن عبد البر)) طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ

Artinya :

Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)

 
Secara jelas dan tegas hadits di atas menyebutkan bahwa menuntut ilmu itu diwajibkan bukan saja kepada laki-laki, juga kepada perempuan. Tidak ada perbedaan bagi laki-laki ataupun perempuan dalam mencari ilmu, semuanya wajib. Hanya saja bahwa dalam mencari ilmu itu harus tetap sesuai dengan ketentuan Islam.
   
    Sebelum menuntut ilmu, seorang penuntut ilmu itu yang pertama kali ia pelajari adalah tentang Al Qur'an, yaitu dengan menghafal nya.
Timbulkan lah keistiqamahan dalam memurajaah nya, ataupun ketika kita menghafal nya. Sebab keistiqamahan itu sangatlah sulit, dan jarang sekali untuk menemukan penuntut ilmu yang selalu istiqomah dalam memurajaah/ menghafal Al Qur'an tersebut.
    Itulah perjuangan sesungguhnya, kita akan mengetahui bagaimana perjuangan para sahabat untuk menuntut ilmu. Meskipun sangat lah berbeda pada zaman itu, ketika itu jika seorang ingin menuntut suatu ilmu, maka dia akan mengunjungi syaikh atau ustadz nya. Walau menempuh perjalanan yang jauh, berbeda dengan zaman kita ini, yang ustadz atau guru bisa di panggil begitu mudah ke tempat/ rumah kita. Ada rasa dalam diri tidak mau belajar, maka ustadz/ guru itupun merayu agar kita tetap mau belajar.
  Subhanallah...
Jangan sia" kan nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita, yang merasakan manis nya menuntut ilmu sejak dini mungkin.
Berusahalah ber ta"dzim kepada guru kita, hormatilah mereka, muliakan lah. Agar keberkahan selalu menyertai dalam setiap langkah yang kita jalani, dan juga berusahalah untuk mengamalkan apa yang kita bisa amal kan.
Baarakallahufikum..

@Muhammad_Tirmidzi_lc

No comments:

Post a Comment

Penerapan Tauhid Dalam Kehidupan.

   Tulisan Harian Santri - Pengertian Tauhid Tauhid (Arab : توحيد ) dilihat dari segi Etimologis yaitu berarti ”Keesaan Allah”, mentauhi...