Thursday, September 14, 2017

KEISTIQAMAHAN

  --Dalam sebuah perjalanan menuntut ilmu, itu butuh perjuangan. Berjuang untuk melawan segala hal yang terdapat pada diri sendiri juga. Yaitu rasa malas yang menguasai, belum termasuk juga hawa nafsu yang tak mau kalah.
  Sebuah perjuangan yang terjal bukan,..?
Karena sejatinya seseorang yang menuntut ilmu itu, harus kuat dalam dasar iman nya. Keinginan dunia yang menggiurkan, para penuntut ilmu itu harus mengedepankan Akhirat dari pada dunia. Sebagaimana dalam catatan, Apabila engkau mencari Akhirat maka dunia akan mengikuti, dan apabila engkau mengedepankan dunia maka Akhirat tidak akan mengikuti, seperti hal nya sawah yang didalam nya di tanam padi namun rumput pun juga ikut tumbuh.
~Seorang penuntut ilmu sebaiknya selalu istiqomah dalam ilmu nya, seperti belajar, mengamalkan, dan mencatat. Karena apabila seorang penuntut ilmu tidak istiqomah, maka tidak lah akan berhasil bagaimana pun juga.
~Juga harus melatih kesabaran, baik kesabaran dalam mengamalkan, maupun belajar. Hari-hari nya di penuhi dengan keindahan ilmu. Saat bersabar dalam satu kesulitan, ketahuilah di sana tersimpan 2 kemudahan. Seperti yang tercantum pada ayat 5 dan 6 surat asy syarh.
Kedudukan ilmu akhirat ini sangatlah tinggi, di bandingkan dengan ilmu dunia. Jikalau ilmu akhirat di pakai untuk kehidupan kita sehari hari, sampai seumur hidup.
Akan tetapi ilmu dunia hanya sementara saja, mungkin seperti orang kantoran yang hanya sewaan pekerja untuk beberapa tahun.
Alangkah baik nya, agar kita tidak merugi dunia maupun akhirat, kita bisa mencari kedua dua nya. Agar antara kehidupan dunia dan akhir bisa seimbang.
Tapi ketahuilah kawan, bahwa ilmu akhirat itu harus selalu istiqomah di lakukan, jangan hanya pada satu keadaan saja. Karna sejatinya ilmu akhirat akan menghasilkan pahala terus menerus apabila di lakukan.
Wallahu'Alam

@Muhammad_Tirmidzi_lc

No comments:

Post a Comment

Penerapan Tauhid Dalam Kehidupan.

   Tulisan Harian Santri - Pengertian Tauhid Tauhid (Arab : توحيد ) dilihat dari segi Etimologis yaitu berarti ”Keesaan Allah”, mentauhi...