Sunday, August 27, 2017

TENTANG KESENDIRIAN

--Ini tentang sebuah kesendirian,  Di saat teman ku meminta membuat kan sebuah renungan dalam kesendirian.
    Diri ini tertegun, karena kesendirian itu adalah sebuah ungkapan kekecewaan atas suatu hal. Hal yang besar maupun yang terkecil, teringat sebuah petuah dari ustadz ku dahulu ketika masih di pondok, "Sungguh manusia itu tidak lah bisa hidup sendirian, kesendirian akan menghancurkan kehidupan mu yang indah. Yaitu kesendirian karena kesedihan, kekecewaan, atau menyimpan dendam yang begitu besar kepada seseorang"

       Di saat diri memilih untuk sendiri, sendiri dalam kekecewaan, kesedihan, dan sebagainya, Sungguh batin ini tersiksa bagai banyak beban yang tak bisa di tahan lagi. Rasa nya Sesak sekali dada mengingat apa yang kita egoiskan.
   
     Berbeda dengan orang yang dalam kesendirian, untuk meng introspeksi diri sendiri. Begitu luluh rasa nya hati ini,  mengharap keampunan dari kesalahan yang telah di perbuat.
    Yang tetap tersenyum apabila bertemu saudara nya, dan menangis bila dalam kesendirian nya, tidak lain adalah untuk menyesali perbuatannya yang tak senonoh.  Kesendirian itu begitu indah bila untuk saling memperkuat ukhuwah, bukan untuk merusak atau pun memutuskan nya.
   Itu lah kesendirian yang penuh makna, dari sekian pengalaman ku mengenai bagaiman hal nya kesendirian itu datang dari sebuah ke egoisan diri.
  Maka maknailah kesendirian itu untuk selalu mengingat Allah,..

@Muhammad_Tirmidzi_Lc

No comments:

Post a Comment

Penerapan Tauhid Dalam Kehidupan.

   Tulisan Harian Santri - Pengertian Tauhid Tauhid (Arab : توحيد ) dilihat dari segi Etimologis yaitu berarti ”Keesaan Allah”, mentauhi...